Header Ads

test

Misteri Suara Gamelan & Kuda Sembrani di Situs Batu Berlubang Garut


Garut - Situs Pasir Lulumpang di Garut, Jawa Barat menyisakan misteri yang belum terungkap. Termasuk suara gamelan dan kuda sembrani yang kerap terdengar oleh warga.
Situs Pasir Lulumpang merupakan cagar budaya yang dilindungi pemerintah sejak tahun 2002 lalu. Namun, di balik keindahannya, cerita-cerita mistis datang dari warga sekitar lokasi situs. 
Juru kunci Situs Pasir Lulumpang, Iin (64), menceritakan kisah-kisah mistis yang dialami warga kepada Garasigaming. Iin mengatakan, banyak kisah mistis yang dialamnya selama hampir 30 tahun menjadi kuncen di tempat ini.
"Ada banyak ya diantaranya, kalau malam Jumat sama malam Selasa sering terdengar suara gamelan dan kuda yang sedang minum di Danau Gabus (Danau yang terletak tak jauh dari situs). Warga di sini sudah tidak aneh lagi," ungkap Iin di Situs Pasir Lulumpang, Desa Cimareme, Banyuresmi, Garut, Jumat (4/8/2017).

 
Selain kejanggalan itu, pernah suatu ketika ada sekelompok orang yang hendak mencuri batu tersebut. Namun, orang-orang tersebut mengalami sakit setelah mencoba memindahkan batu tersebut ke dalam mobil.

"Kalau itu sekitar tahun 60-an, waktu itu saya masih kecil, bapak saya yang masih jadi kuncen. Ada sekitar 5 orang yang coba ambil batu itu, tapi mereka mengeluh sakit pas ingin angkat batu itu ke mobil. Sehari berselang mereka datang lagi, tapi cuman empat orang. Mereka bilang teman yang satunya meninggal, setelah angkat batu itu," ungkapnya.
"Memang orang-orang itu berasal dari luar wilayah Desa Cimareme. Kalau tidak salah mereka itu dari Kecamatan Samarang," Iin menambahkan.

Meskipun sarat akan kisah mistis dan misteri, selalu ada wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Kebanyakan dari mereka merupakan wisatawan yang datang dari luar Garut dan sejumlah mahasiswa yang melakukan penelitian.

Iin mengimbau kepada para wisatawan yang hendak datang ke situs ini untuk tidak takut dan selalu menjaga sikap selama berada di situs ini. "Intinya patuhi saja aturan di tempat ini," pungkasnya.
 

Tidak ada komentar