Header Ads

test

Memuja Ular Demi Keberkahan Hidup

www.garasigaming.com
( Foto : GarasiGaming.com )

Uttar Pradesh - Ada ritual pemujaan ular di India. Mereka memberi minum ular sembari berharap mendapatkan keberkatan hidup.

Beragam kepercayaan dan ritual yang tak biasa dapat kita saksikan di berbagai belahan dunia. Termasuk di India, di mana umat Hindu mempunyai ritual memuja ular untuk keberkahan hidup.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (25/8/2017), di India terdapat festival pemujaan ular, atau lebih dikenal dengan Nag Panchami. Ritual yang dirayakan umat Hindu ini biasa dilakukan pada bulan Juli atau Agustus setiap tahunnya.


Pada saat ritual Nag Panchimi, para perempuan akan memberi sesembahan berupa susu, makanan manis dan bunga-bunga. Mereka memberikan sesembahan sembari memanjatkan doa kepada Dewa Ular.

Konon, dahulunya pemujaan terhadap ular bermula tatkala seorang petani tidak sengaja membunuh tiga ekor ular saat sedang membajak sawah. Sang induk ular marah, dan membunuh petani, istri si petani dan dua orang anaknya. Sang ular menggigit dan mengeluarkan bisa beracun sehingga satu keluarga tewas.

Namun, salah seorang anak petani berhasil bertahan hidup dan memohon ampunan kepada ular. Dia berjanji akan menyembah ular dan memberikan sesembahan yang manis kepada ular. Sang induk ular pun senang dengan sesembahan tersebut, dan menghidupkan kembali petani berserta istri dan anaknya.

Semenjak itulah pemujaan ular dipercaya akan memberikan keberkatan kepada kehidupan manusia. Serta ritual ini juga dipercaya dapat meminimalisir gigitan ular terhadap masyarakat. Ritual pemujaan ular dapat kita temukan di wilayah utara Uttar Pradesh, India.

Sebelum hari pemujaan, biasanya umat Hindu akan berpuasa selama dua hari. Pada saat pemujaan mereka akan ke kuil, membawa susu, dan manis-masian yang dipersembahkan kepada dewa. Di luar kuil nantinya, ada pawang ular bersama ular cobra menerima sesembahan yang dibawa pendoa.

Nantinya, umat Hindu akan memberikan susu dan manisan yang mereka bawa kepada ular. Hebatnya lagi mereka tidak takut kepada ular berbisa tersebut, karena mereka yakin pada hari ritual ular tidak akan menggigit.


Berita : GarasiGaming.com

Tidak ada komentar